Teks Bayan Maghrib Markaz Temboro oleh KH. Uzairon Thoifur Abdillah Tanggal 9 Desember 2009

.
       Hadirin yang dimulyakan Alloh SWT

Kita datang ke dunia ini bukan atas kemauan kita. Kita datang ke dunia ini adalah atas kehendak Alloh SWT. Manusia datang ke dunia bukan atas kehendak manusia. Manusia datang ke dunia atas kehendak penciptanya. Bukan atas kehendak raja-raja, bukan atas kehendak cendikiawan, bukan atas kehendak pemerintahan-pemerintahan, manusia datang ke dunia ini atas kehendak Penciptanya, Alloh Jalla Jalaluhu.

Untuk apa manusia didatangkan oleh Alloh swt ke dunia ini manusia didatangkan oleh Alloh swt ke dunia ini untuk satu maksud yang besar yaitu untuk menerima amanah yang besar, amanah yang pernah di tawarakn ke langit, kebumi, gunung-gunung semuanya ketakutan menerima amanah ini dan amanah ini di berikan kepada manusia. Amanah yang besar siapa saja yang bisa menunaikan amanah ini, menjaga amanah ini dengan sebaik-baiknya maka dia akan menjadi kekasih-kekasih allah. Di dunia dia akan mendapat berkah dari segala arah, kemudian kalau dia mati kuburnya menjadi pertmanan surga, kemudian di padang mahsyar dia menempati tempat-tempat kemulyaan, kemudian dia akan di giring menuju surganya Allah swt.

Kehidupan yang kekal abadi selama-lamanya istana-istana dari emas, istana-istana dari intan di kumpulkan bersama wali-wali allah di kumpulkan bersama para nabi para rasul, tambah hari tambah mulya tambah hari tambah nikmat selama-lamanya tetapi bila manusia ini tidak menunaikan amanah dengan baik tidak menjaga amanah dengan baik, menyia-nyiakan amanah tadi, tidak memperhatiakn sebenar-benarnya amanah itu maka di dunia dia akan mendapatkan macam-macam kerigian dia akan mendapatkan kehidupan مَعِيشَةً ضَنكًا ( kehidupan yang sempit ) dan kemudian kalau dia mati kuburnya akan menjadi lobang dari lobangnya api neraka.

Kemudian di padang mahsyar dia lebih menderita lagi 50 ribu tahun dia berdiri dalam kesusahan dan ketakutan dalam kehawatiran dan penyesalan kemudian dia akan di lemparkan ke api neraka jahannam Selama-lamanya inilah akhir dari kehidupan anak manusia, manusia tidak akan selesai hidupnya tidak akan selesai cerita kehidupanya sebelum sebagian ke surga sebagian ke neraka. فَرِيقٌ فِي الْجَنَّةِ وَفَرِيقٌ فِي السَّعِيرِ.

Manusia macam-macam bangsa, macam–macam pekerjaan, macam-macam jabatan, macam-macam keadaan, tapi pada ahirnya dua golongan saja, golongang ahli surga atau golongan ahli neraka tidak ada gologan ketiga. Hadirin semulyakan yang mengikuti petunjuk allah yang di bawa oleh Rasululloh saw, inilah manusia yang di calonkan penghuni-penghuni surga yang lain adalah semua berbondong-bondong menuju neraka tidak ada tawar menawar dalam hal ini ini keputusan allah yang tidak bisa di rubah, sebagimana allah telah memutuskan bahwa kita ke dunia ini bisakah kita menolak ya toh tau-tau kita sudah lahir ke dunia ini kita tidak bisa menolak kenapa kita lahir tidak sebagai orang arab kita kenapa lahir sebagai orang jawa, kenapa kita lahir bukan sebagai orang eropa, kita lahir sebagai orang madura, kenapa kita lahir sebagai orang Kalimantan orang Indonesia kita tidak bisa menolak kita datang ke dunia kita tidak bisa menolak allah yang telah mendatangkan kita juga ada waktunya allah memindahkan kita ke alam kubur maka kita tidak bisa menolak juga begitu juga allah swt membangkitakan kita ke padang mahsyar, juga kita tidak akan bisa menolak juga, begitu juga ketika terjadi pengumuman sebagian manusia harus ke surga sebagian harus ke neraka juga kita tidak bisa menolak ini tidak ada tawar menawar. Wah saya perkara ini ga mau pak saya tidak mau untuk ke neraka tapi saya juga tidak mau berjuang untuk menuju surga, tidak bisa. Tidak ada pilihan trima ke surga trima keneraka, taat kepada allah ke surga, tidak taat pada allah ke neraka
          
Hadirin yang dimulyakan Alloh SWT
Apakah tanggung jawab Allah yang di berikan pada manusia, tanggung jawab itu di ringkas dalam dua kalimat syahadat. Tanggung jawab pertama hadirin yang semulyakan adalah mengenal allah mengenal keagungan allah kehebatan allah kekuasaan allah yang menciptakan kita menciptakan alam semesta, menciptakn langit, menciptakan bumi, menciptakn daratan menciptakan lautan menciptakan alam semesta dengan segala tertibnya dial ah yang menertibkan pohon-pohon sehingga pohon itu teratur ini pohon apel tertibnya begini, ini pohon mangga tertibnya begini ini pohon kelapa tertibnya begini dialah yang mengatur segalanya dialah yang membundarkan buah-buahnya yang menguningkan daun-daunya yang memaniskan rasanya dialah Allah yang menjalankan segalanya dialah yang menjalankan matahari dialah yang menenggelamkanya. Yang menertibkanya dialah yang mengatur bulan bintang-bintang yang jumlahnya bertriliyun-triliyun tidak ada yang bisa menghitung dialah yang membikin cuaca sehingga ada cuaca hujan ada cuaca kering.

Dialah yang mengatur lautan sehingga lautan bergelombang dengan gelombang tertentu sehingga berjuta-juta bertrilyun-triliyun ikan di sana, dialah yang menumbuhkan makanan-makanan di lautan untuk makanan ikan tidak ada habis-habisnya di makan beribu-ribu tahun dialah yang menumbuhkan makanan-makanan untuk manusia-manusia, binatang-binatang di bumi ini dengan segala macamnya dialah allah tidak tuhan selain Allah tidak yang bisa di agung-agungkan sebenar-benarnya selain Allah tidak ada yang bisa di takuti selain Allah karna seluruh kebaiakan yang ada dalam diri kita seluruh kebaikan yang ada dalam keluarga kita seluruh kebaikan yang ada di alam semesta ini semuanya hanya dari Allah maka tidak ada yang pantas di harap selain Allah swt. Tidak ada bahaya yang ada dalam diri kita, kelurga kita ummat manusia semua di dunia di ahirat di neraka kecuali semua juga hanya dari allah maka tidak ada yang di takuti sebenar-benarnya kecuali hanya Allah swt.

Dialah Allah al basyir yang maha melihat, yang memberikan penglihatan pada manusia kepada jin kepada para malaikat kepada macam-macam mahluknya dailah Allah al basyir, yang maha mendengar yang memberikan pendengaran pada manusia, memberkan pendengaran kepada binatang binatang kepada malaikat kepada jin dan kepada mahluk-mahluk yang lain. Dialah allah yang maha agung yang maha suci, apa saja yang terlintas di hati kamu ketahuilah semunya tidak seperti itu allah lebih agung dari segala yang kamu pikirkan lebih hebat dari segala yang kamu pikirkan tidak bisa di ukur oleh otak manusia tidak boleh di ukur oleh hati manusia Allah yang maha mutlak yang maha besar yang maha agung yang maha bijaksana yang maha rohman yang maha rohim yang memelihar kita ketiak kita dalam perut ibu kita dalm kegelapan dialah allah yang memelihara kita yang memberi  makan kepada kita dialah allah ketika lahir allah jadikan ibu kita sayang kepada kita dialah allah yang memelihara kita sehingga keluar air susu dari ibu kita dialah Allah mah segalanya.kalau orang kenal kepada Allah maka dia akan mengagungkan Allah mencintai Allah tunduk kepada Allah mengingati Allah merasa dekat kepada allah harapanya hanya kepada Allah, merengek-rengek kepada Allah, merasa gembira bila taat pad Allah merasa satu keberuntungan yang sangat besar ketika dia di izinkan oleh Allah untuk berkenalan dangan Allah.

Seorang ulama’ berjalan di satu kampung  tiba-tiba dia melihat satu orang dalam keadaan sakit keras, kulitnya penuh dengan gudekan dengan penyakit levra dlam keadaan yang sangat mengerikan tetapi mulut dia selalu meumuji allah alhamdulillah.alhamdulillah maka ulama’ tadi heran tuan, dalam keadaan seperti ini sakit seperti ini kulitmu sudah habis di makan penyakit kamu tidak punya rumah lagi di penggir jalan seperti ini tetapi engakau senantiasa memuji-muji allah,alhamdulillah alhamdulillah nikmat apa yang telah Allah berikan kepada kamu maka orang yang sakit tadi mengatakan tuan alangkah bodohnya tuan kamu lihat orang kampung ini berapa ribu orang jumlah nya beribu-ribu orang beribu-ribu orang ini yang di ijinkan oleh allah untuk berkenalan dengannya Cuma saya sendiri yang lain-lain tidak kenal pada Allah bagaimana saya tidak bersyukur kepada Allah. Tidak memuji muji allah. Ini nikmat yang sangat besar  orang akan merasa mendapat nikmat besar bila dapat berkenalan dengan raja-raja,berkenalan dengan presiden-presiden bagaimana orang yang berkenalan dengan pencipta seluruh raja-raja pencipta seluruh presiden pencipta seluruh manusia pencipta seluruh jin pencipta seluruh alam pencipta langit pencipta bumi betul-betul nikmat yang besar.

Kalau kita punya umur 1000 tahunpun tidak cukup untuk mensyukuri nikmat ini, karunia yang sangat-sangat besar kalau orang ini menganggap karunia biasa sesungguhnya ini adalah sebodoh-bodohnya manusia, berkenakan dengan allah di anggap biasa ini setolol-tololnya manusia, berkenalan dengan allah di anggap perkara biasa ini setolol-tolol manusia ini perkara luar biasa semulyakan. Orang mengenak Allah ini perkara yang luar biasa tapi sangkin tololnya manusia  sangking tololnya manusia maka manusia mengenal bulan di anggap luar biasa mengenal matahari di anggap satu kehebatan mengenal virus-virus di anggap suatu kehebatan mengenal antariksa di anggap suatu kehebatan mengenal tumbuh-tumbuhan di anggap suatu kehebatan orang mengenal tumbuh-tumbuhan maka jadi doctor tumbuh-tumbuhan beberapa tahun yang lalu di kediri saya bertemu dengan orang korea dia bagian menanam semangka dia bertahun tahun meneliti semangka sehingga dia ahli dalam menanam semangka maka dia dapat gelar doctor.doktor semangka. Dia gembira dengan mengenal semangka saja dia gembira di hormati di gaji ini doctor, doctor apa pak kamu ? doctor semangk.

Tetapi Hadirin yang dimulyakan Alloh SWT manusia mengenal asma-asmanya Alloh swt, mengenal sifat-sifat Alloh swt jauh-jauh lebih besar dari mengenal apapun saja inilah ilmu yang terbesar inilah karunia yang terbesar yaitu mengenal allah sehingga tertanam di dalam hati kalimat laa ila ha illallah. Perkara besar ini semulyakan kalau kita tidak punya uang tidak punya anak tidak punya istri ga punya apa-apa punya satu ini saja kita ini sebetulnya sudah sekaya-kayanya menusia seberuntung-beruntungnya manusia karna sebentar lagi kita akan menjadi raja di surganya allah jadi orang iman ini bersyukur, nikmat agama inilah yang kita pantas bergembira ria dengannya ini lebih baik dari pada seluruh yang di kumpulkan orang-orang kafir harta benda tehnologi pangkat jabatan semua ga ada apa-apanya di banding nikmat iman nikmat tertanamnya kalimat laa ila hailllallah maka orang beriman ini tidak layak tidak pantas untuk melirik kenikmatan kenikmatn yang berikan oleh Alloh kepada orang kafir.

Kita ini melototi kemewahan-kemewahan orang yang tidak beriman ini sudah satu kerugaian sudah satu kebodohan sudah sesuatu hal yang tidak pantas ni kita sudah di kasih rumah dari emas ko' kita melirik rumah yang dari jdeg inikan namaya orang tidak benar otaknya sudah ini kita sudah di kasih istri bidadari ko' kita masih melirik istri yang gudekan sudah dijadikan calon di surga masih juga ingin jabatan jabatan di dunia ini sebetulnya sesuatu hal yang tidak pantas kalau kita mau berpikir, maka kita ini sebetulnya orang yang tidak pantas semua. Sungguh sedikit orang yang bersukur itu sungguh sedikit bersukur atas nikmat Alloh itu sangat sedikit bersukur atas nikmat agama lebih sedikit lagi orang orang yang istimewa adalah orang-orang yang mensyukuri nikmat agama orang-orang yang memang mulya hanya orang-orang mulya yang tahu kemulyaan. Yang bisa menghargai kemulyaan hanyalah orang orang yang mulya tapi kalau orang hina dia tidak memahami kemulyaan.

Seseorang kampong yang bodoh tidak pernah belajar tahunya cuma nyangkul di sawah siang dan malam maka dia tidak tahu nilainya tekhonologi dia tidak tahu benda-benda yang canggih karma di kampong itu tidak ada. Hanya orang yang dapat hidayah saja yang tahu nilainya iman. Kalau sudah tahu nilainya iman maka sama dengan Abdullah  khuzafah assahmi . Ketika dia di tangkap oleh raja romawi maka dia mau di rantai sama raja romawi  maka tapi raja romawi itu di bisiki itu tawanan itu orang islam itu. Itu shabat nabi orang islam. Ini kalau dia bia masuk nasrani ini bisa gempar. Di panggil kamu sahabat nabi ya siapa nama Abdullah al khuzafah as sahmi, kamu tinggalkan agama kamu,kamu ikut agama saya kamu akan saya angkat jadi pejabat tinggi di romawi dan kamu akan saya kasih kekuasaan yang luas di romawi bagaimana ? tidak mau kalau pun saya serahkan seluruh kerajaan kamu dan seluruh kerajaan yang ada di dunia ini kepada aku untuk meninggalkan agama aku walaupun sekelip mata tidak akan saya terima oalah kalau begitu kamu saya bunuh, itu memang yang saya cari sehingga saya leih cepat ke surga orang iman itu kalau di takut takuti mati itu ga takut.

Hadirin yang dimulyakan Alloh SWT
Kalau orang tahu harganya iman kalaupun seluruh kerajaan di berikan kepada dia untuk meninggalkan agama sekelip mata tidak akan di terima ini kalau orang tahu harganya iman mahal semulyakan iman itu kalau sudah di miliki oleh seseorang maka satu menit bisa membangun istana dari surga kalau iman sudah tertanam did ala hati baca surat al khlas sepuluh kali bisa sudah jadi istana di surga, coba Hadirin yang dimulyakan bagaimana kalau ini ditinggalkan. hanya karena kepentingan kepentingan dunia tidak akan di tinggalkan kalau di tawari dunia dan seisinya pun maka kalau yang faham akan menolak 100% maka tanggung jawab kita pertama adalah ini Hadirin yang dimulyakan Alloh SWT, menananmkan keyakinan kepada allah siang dan malamtunduk kepada Alloh.

Kemudian tanggung jawab yang kedua keyakinan bahwa baginda Muhammad saw adalah utusan allah apa tanggung jawab kita? Bagaimana kehidupan kita ini sama dengan kehidupan baginda nabi saw, bagaiman yang di pikirkan yang kita pikirkan kehidupan rasullullah saw yang kita cita-citakan yagn di citaka Rasulullah saw. Orang itu belum di anggap iamn yang sebenarnya sebelum kesenangannya itu mengikut agama yang saya bawa kata Rasulullah saw 
Pasang iklan disini
.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Teks Bayan Maghrib Markaz Temboro oleh KH. Uzairon Thoifur Abdillah Tanggal 9 Desember 2009"

Post a Comment