Teks Khutbah KH. Uzairon Thoifur Abdillah : Sejarah Tahun Baru Hijriyah

.
اَلسَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكاَتُهُ
 اَلْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى نِعْمَةِ اْلإِيْمَانِ وَاْلإِسْلاَمِ, الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى هَدَانَا لِهَادَى وَماَ كُنَّا لِنَهْتَدِيَ لَوْلاَ أَنْ هَدَانَا اللهُ, الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى عَلَّمَنَا الْقُرْءَانَ الْحَمْدُ لِلَّهِ الَّذِى جَعَلَنَا مِنْ أُمَّةِ سَيِّدِ الأَنَامِ  الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى الصِّحَّةِ وَالْعَافِيَةِ الْحَمْدُ لِلَّهِ عَلَى جَمِيْعِ النِّعَامِ الظَّاهِرَةِ وَالْبَاطِنَةِ السَّابِقَةِ وَالاَّحِقَةِ الدُّنْيَاوِيَّةِ وَالأُخْرَوِيَّةِ أَشْهَدُ أَنْ لاَإِلَهَ إِلاَّ اللهُ وَحْدَهُ لاَ شَرِيْكَ لَهُ وَأَشْهَدُ أَنَّ سَيِّدَنَا وَمَوْلاَنَا وَحَبِيْبَنَا مُحَمَّدًا عَبْدُهُ وَرَسُوْلُهُ لاَ نَبِيًّا بَعْدَهُ اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ وَبَارِكْ عَلَى سَيِّدِنَا مُحَمَّدٍ وَعَلَى أَلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ لَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلَى يَوْمِ القِيَامَةِ.
أَمَّابَعْدُ : فَيَاعِبَادَ اللهِ اتَّقُوا اللَّهَ حَقَّ تُقَاتِهِ وَلا تَمُوتُنَّ إِلا وَأَنْتُمْ مُسْلِمُونَ . وَلْتَنظُرْ نَفْسٌ مَّا قَدَّمَتْ لِغَدٍ ۖوَاتَّقُوااللَّهَ ۚ إِنَّ اللَّهَ خَبِيرٌ بِمَا تَعْمَلُونَ
Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Marilah kita tingkatkan takwa kita kepada Alloh dengan sesungguhnya takwa, dengan menjalankan perintah-perintahNya dan menjahui larangan-laranganNya, dengan keyakinan sesungguhnya tidak ada keuntungan yang lebih besar, melebihi taat kepada Alloh, dan tidak ada bahaya yang lebih besar melebihi maksiat kepada Alloh SWT.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Senantiasa kita mengingati dan menyadari, bahwa kita ini dalam satu perjalanan yang sangat jauh dan sangat panjang, perjalanan menuju akhirat, tambah hari tambah dekat kita kepada akhirat, oleh karena itu tambah hari, tambah hari, semestinya tambah kita mengingati akhirat, tambah menyiapkan diri kita untuk kehidupan diakhirat, menghabiskan fikir kita tenaga kita dan seluruh apa yang Alloh berikan kepada kita untuk membangun akhirat kita, tambah hari, tambah hari, tambah dekat perpisahan kita dengan dunia, maka semestinya tambah hari tambah berkurang kecintaan kita dan kesibukan kita untuk dunia ini.

Hadirin yang di muliakan Alloh SWT
Sebentar lagi kita akan berjumpa dengan Alloh, menghadap kepada Alloh, kemudian Alloh akan bertanya kepada kita mengenai amal-amal kita, maka semestinya orang yang beriman tambah hari tambah mempersiapkan diri untuk pertemuan yang besar ini, pertemuan dengan Alloh SWT.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Orang kafir, karena mereka tidak kenal dengan Alloh, tidak kenal dengan akhirat, siang dan malam yang difikirkan adalah hartanya, hartanya dan hartanya. Orang beriman, yang sudah kenal kepada Alloh, sudah kenal dengan kehidupan akhirat, yang dia pikirkan siang dan malam adalah amalnya, amalnya dan amalnya.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Tanpa terasa tiba-tiba sudah tahun baru hijriyah. Sayyidina Umar Ra yang telah memulai tahun penanggalan islam dengan hijriyah ini.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Banyak orang usul pada waktu itu dalam musyawaroh, ini umat islam mau memulai penanggalan dari mana, maka sebagian usul, hendaknya penanggalan islam ini dimulai dari  kelahiran Nabi SAW, karena tidak ada nikmat yang lebih besar yang telah Alloh berikan pada umat ini, melebihi diutusnya baginda Muhammad SAW kepada umat ini. Sebagian ada yang mengusulkan bahwa tahun baru islam ini hendaknya dimulai dari kenabian Baginda Nabi SAW ketika beliau menerima wahyu yang pertama, karena tidak ada anugerah yang lebih besar kepada umat ini, melebihi di turunkanya wahyu dari langit untuk membimbing umat ini yaitu Al-Quran, macam-macam usulan pada waktu itu. Tetapi Sayyidina Umar bin Khotob Ra memutuskan bahwa penanggalan islam ini dimulai dari hijrah.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Yang di kehendaki oleh Sayyidina Umar Ra, untuk memberikan pelajaran kepada umat, karena hijrah ini adalah suatu amalan yang di kerjakan oleh semua umat. Kalau hari penanggalan ini dimulai dari kelahiran Baginda Nabi SAW atau turunnya wahyu,  maka seolah-olah kita ini diajari hanya untuk mengingati Baginda Nabi SAW saja. Tetapi dengan penanggalan dimulai dari hijrah ini, kita diingatkan oleh Sayidina Umar Ra kepada perjuangan Baginda Nabi SAW dan perjuangan umat seluruhnya. Baginda Nabi hijrah, para sahabat hijrah, laki-laki hijrah, wanita hijrah, anak-anak hijrah, ke Madinah Al Munawaroh, maksud daripada hijrah ini hanya satu saja, yaitu ingin bisa mengamalkan agama secara sempurna.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Dan untuk bisa mengamalkan agama secara sempurna ini, tidak cukup dengan pengorbanan Nabi saja, tetapi harus pengorbanan umat, karena yang berhajat kepada agama ini adalah umat, maka harus pengorbanan umat. Tidak ada keraguan bahwa Baginda Nabi semulia-mulianya para Nabi, semulia-mulianya para Rosul, tidak ada makhluk yang membandingi beliau.
Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT, tetapi masalahnya bukan masalah itu, agama ini keperluan umat, maka yang berkorban juga harus umat. Baginda Nabi korban, para sahabat korban, laki-laki korban, wanita korban, meninggalkan segalanya menuju Madinah Al munawaroh, sampai di Madinah Al Munawaroh, maka Alloh SWT bangkitkan orang-orang Madinah untuk menjadi pembela-pembela mereka.
طَلَعَ الْبَدْرُ عَلَيْنَا       مِنْ ثَنِيَّةِ الْوَدَاعِ
وَجَبَ الشُّكْرُ عَلَيْنَا   مَا دَاعَ لِلَّهِ الدَّاعٍ
Telah terbit purnama di atas kita.
Muncul dari Tsaniyatul Wada’.
Wajib bersyukur atas kita.
Selagi Da’i yang mengajak kepada Alloh masih ada.
Laki-laki, wanita, anak-anak, semua mereka bersatu, untuk membela orang-orang muhajirin, Baginda Nabi dan para sahabatnya.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Akhirnya timbulah suatu kerjasama yang luar biasa, kerjasama yang hanya semata-mata karena Alloh, kerjasama yang semata-mata karena agama Alloh, kerjasama yang semata-mata hanya untuk bagaimana mengamalkan agama Alloh, maka ini betul-betul mengesan dalam hati Sayyidina Umar dan para sahabat pada waktu itu, sehingga diputuskan bahwa tahun baru penanggalan umat islam dimulai daripada hijrah, setiap hari kita melihat tanggalan, maka kita teringat hijrah, bahwa agama ini perlu hijroh, tanpa hijrah kita tidak bisa mengamalkan agama.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT
Hijrah ini ada dua, ada hijrah tempat, hijrah materi, hijrah tempat dari Makah ke Madinah, tapi hijrah yang sesungguhnya adalah hijrah amalan.
 Baginda Nabi SAW mengatakan : 

 وَالْمُهَاجِرُ مَنْ هَاجَرَ عَمَّا نَهَى اللهُ عَنْهُ
“Orang yang hijroh yang sebenar-benarnya hijroh, adalah orang-orang yang meninggalkan apa-apa yang dilarang oleh Alloh”.
Itulah hijrah yang sebenarnya. Maka setiap hari kita mesti hijrah, hijrah dari kekufuran menuju keimanan, hijrah daripada kemaksiatan menuju ketaatan, hijrah daripada kelalaian menuju dzikrulloh, hijrah dari kebodohan menuju ilmu Alloh, hijrah dari keburukan menuju kebaikan, senantiasa kita ini harus berusaha hijrah, usaha perubahan-perubahan amalan, amalan yang buruk mesti kita tinggalkan, karena amalan-amalan yang buruk nanti akan menjadi masalah selama-lamanya yang tidak ada habis-habisnya apabila kita tidak hijrah, tidak bertobat daripada amalan-amalan yang buruk itu.

مَنْ لَزِمَ اْلإِسْتِغْفَارَ جَعَلَ اللهُ لَهُ مِنْ كُلِّ هَمٍّ فَرَجًا  وَيَرْزُقْهُ مِنْ حَيْثُ لاَ يَحْتَسِبُ
“Barang siapa senantiasa istighfar dan istighfar ini bagian daripada hijroh, bahkan keburukan-keburukan menuju kebaikan, maka Alloh SWT akan memberikan jalan keluar dari kesulitan-kesulitannya dan Alloh akan memberikan kepadanya rizki dari tempat yang tidak disangka-sangka.”
Maka hari jum’at ini juga hari hijrah, bagaimana kita tinggalkan keburukan-keburukan menuju kebaikan-kebaikan, keburukan apa saja, keburukan yang berkaitan dengan keluarga, bagaimana didalam keluarga kita ada suasana hijrah, perkara-perkara yang buruk kita tinggalkan, sehingga suasana rumah sahabat ada dirumah-rumah kita, di kampung kitapun harus ada suasana hijrah, bagaimana amalan-amalan yang buruk ditinggalkan dan amalan yang haq ditegakkan.

Hadirin yang dimuliakan Alloh SWT.
 Seluruh umat hijrah bersama-sama untuk meninggalkan keburukan-keburukan dan menegakkan kebenaran.
جَعَلَناَالله ُوَاِيَّاكُمْ مِنَ الْفاَئِزِيْنَ اْلآمِنِيْنَ. وَاَدْخَلَنا َوَاِيَّاكُمْ فِى زُمْرَةِ الْمُتَّقِيْنَ اْلمُؤْمِنِيْنَ الْمُوْقِنِيْنَ
أَعُوْذُ بِاللهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ . وَالْعَصْرِ . إِنَّ الْإِنسَانَ لَفِي خُسْرٍ . إِلَّا الَّذِينَ آمَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ وَتَوَاصَوْا بِالْحَقِّ وَتَوَاصَوْا بِالصَّبْرِ .وَقُلْ رَبِّ اغْفِرْ وَارْحَمْ وَأَنْتَ خَيْرُالرَّاحِمِينَ
Pasang iklan disini
.

Subscribe to receive free email updates:

5 Responses to "Teks Khutbah KH. Uzairon Thoifur Abdillah : Sejarah Tahun Baru Hijriyah"

  1. KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    KAMI SEKELUARGA MENGUCAPKAN BANYAK TERIMA KASIH ATAS BANTUANNYA MBAH , NOMOR YANG MBAH BERIKAN/ 4D SGP& HK SAYA DAPAT (350) JUTA ALHAMDULILLAH TEMBUS, SELURUH HUTANG2 SAYA SUDAH SAYA LUNAS DAN KAMI BISAH USAHA LAGI. JIKA ANDA INGIN SEPERTI SAYA HUB MBAH_PURO _085_342_734_904_ terima kasih.

    ReplyDelete
  2. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  3. Assalamualaikum... Usul adakan juga download pdf nya

    ReplyDelete